GEOBIA

Segmentasi Citra Algoritma Multiresolution Segmentation

Multiresolution Segmentation merupakan algoritma segmentasi yang paling banyak digunakan. Multiresolution Segmentation dijalankan berdasar parameter skala (scale), warna (colour), bentuk (shape), kehalusan (smoothness) dan kekompakan (compactness), serta data input dan bobotnya.

Memahami Lebih Dalam Proses Segmentasi Citra

Segmentasi merupakan bagian yang sangat krusial dalam proses OBIA. Segmentasi citra menghasilkan citra segmen berisi image-object yang memberikan informasi citra baru, meliputi informasi spektral, teskstur dan geometri dan konteks.

GEOBIA Workflow: Tahapan melakukan GEOBIA

GEOBIA meliputi geographic entity description yang terdiri atas membangun konsep entitas geografi; , model building yang terdiri atas semantik network dan classification strategy dan object-based classification melalui ruleset development.

GEOBIA Workflow: Konsep-konsep kunci

Beberapa konsep kunci dari GEOBIA meliputi interpretasi citra secara manual merupakan dasar panduan dilakukannya GEOBIA; GEOBIA merupakan proses pemodelan dengan objek sebagai unit analisisnya;....

Apakah GEOBIA Merupakan Sebuah Paradigma?

…integration of remote sensing and GIS can only possibly advance if we develop methods to address the conceptual short-comings of the pixel as a spatial entity, and stop pretending that…

Konsep dan Dasar – dasar OBIA

Tulisan ini akan menjelaskan beberapa konsep dasar OBIA, terutama yang membedakannya dengan analisis berbasil piksel. Lalu seperti apakah bedanya? Apakah OBIA memiliki keunikan tersendiri? Apakah keunikan tersebut bisa menjadi keunggulan?

Sejarah dan Perkembangan Geobia

GEOBIA bukanlah sebuah hal baru yang muncul dan menjadi sempurna begitu saja. Awal penggunaannya sendiri sudah dimulai sejak tahun 70an. Lalu, bagaimana sebenarnya perkembangan GEOBIA?

Berkenalan dengan Geobia

Object Based Image Analysis (OBIA) merupakan sebuah pendekatan baru dalam melakukan analisis terhadap citra penginderaan jauh. OBIA diawali dengan membentuk sebuah “object” dengan mengelompokkan piksel yang seragam menurut kriteria tertentu.

Menulis Ruleset di eCognition Developer

Target: Memahami konsep ruleset eCognition Developer Tulisan ini adalah seri ketiga dalam latihan dasar di Tutorial OBIA, sebelum melanjutkan membaca, baca dulu tahap-tahap sebelumnya: Download dan instalasi Definiens eCognition Developer…

Baca artikel lainnya..

Telusuri geospasialis.com dan temukan artikel-artikel menarik di bidang geospasial meliputi GIS, remote sensing, kartografi, geospasial analisis, geografi dan ilmu kebumian lainnya.

TELUSURI..